Susunan Mubtada’ dan Khobar adalah kalimat yang dimulai dengan isim (jumlah ismiyah).
Mubtada’ adalah isim yang di i’rob rofa’ sebagai pokok/perkara kalimat, biasanya ma’rifat dan berada di awal kalimat.
Khobar adalah kata atau kalimat yang di i’rob rofa’ sebagai anak kalimat yang menerangkan mubtada’ dan biasanya disebutkan setelah mubtada’.
Cara menyusun mubrada’ dan khobar harus sesuai bilangan dan jenisnya.
Contoh:
مُحَمَّدٌ أُسْتَاذٌ | أُسْتَاذٌ | مُحَمَّدٌ | Muhammad adalah seorang guru |
Khobar | Mubtada’ | ||
الرَّجُلاَنِ أُسْتَاذَانِ | أُسْتَاذَانِ | الرَّجُلاَنِ | Dua lelaki itu adalah dua orang guru |
Khobar | Mubtada’ | ||
هِنْدٌ أُسْتَاذَةٌ | أُسْتَاذَةٌ | هِنْدٌ | Hindun adalah seorang quru wanita |
Khobar | Mubtada’ | ||
هُوَ أُسْتَاذٌ | أُسْتَاذٌ | هُوَ | Dia adalah seorang guru (lelaki) |
Khobar | Mubtada’ |
Khobar terbahagi kepada tiga jenis
(1) Isim Zhohir: seperti contoh di atas.
(1) Isim Zhohir: seperti contoh di atas.
(2) Jumlah. Jumlah pula terbahagi kepada dua:
(a) Jumlah Ismiyah: Contoh:
مُحَمَّدٌ أَبُوْهُ أُسْتَاذٌ | أَبُوْهُ أُسْتَاذٌ | مُحَمَّدٌ | Bapanya Muhammad adalah seorang guru |
Khobar | Mubtada’ |
(b) Jumlah Fi’liyah: Contoh:
الْمَرِيْضُ يُضْعُفُ بَدَنُهُ | يُضْعُفُ بَدَنُهُ | الْمَرِيْضُ | Orang yang sakit lemah badannya |
Khobar | Mubtada’ |
(3) Sibhul Jumlah: Sibhul Jumlah terbahagi kepada dua:
(a) Zhorof Mazhruf: Contoh:
السَّبُّوْرَةُ أَمَامَ الْفَصْلِ | أَمَامَ الْفَصْلِ | السَّبُّوْرَةُ | Papan tulis itu di hadapan kelas |
Khobar | Mubtada’ |
(b) Jer Majrur: Contoh:
عَلِيٌّ فِي الْمَسْجِدِ | فِي الْمَسْجِدِ | عَلِيٌّ | Ali di dalam masjid itu |
Khobar | Mubtada’ |
[Bersambung: ILMU NAHWU 8 – Isim Yang Di Rofa’: Isim Kaana]
No comments:
Post a Comment